‘Pelajar, Jauhi Wikipedia Dekati Google-Yahoo’


Aksi mengkopi jawaban esai dari sembarang website sering dilakukan oleh para pelajar saat menyelesaikan tes. Sebuah aksi instan yang tidak pantas dicontoh. Lebih jauh lagi, tidak semua situs menyediakan fakta yang sepenuhnya benar.

Inilah yang coba dihindari oleh regulator yang mengurusi soal tes dan ujian di Inggris, Ofqual. Mereka mengeluarkan anjuran bahwa para murid harus menjauhi Wikipedia, dan sebaliknya mendekati Google dan Yahoo.

Ofqual mengatakan, situs ensiklopedia yang menjadi rujukan banyak orang itu tidak semuanya akurat dan bahkan ada yang memuat fakta yang salah. Tulisan di Wikipedia dibuat oleh banyak kontributor dari pembaca sehingga memungkinkan kesalahan terjadi.

Para pelajar bisa dengan mudah terjebak dengan hal ini, karena mereka sering mengkopi begitu saja setiap penggalan di situs Wikipedia. Aksi ini juga dikecam karena mereka mengkopi secara utuh, sehingga aksi para pelajar tersebut mengarah pada bentuk plagiat.

Ofqual mengatakan, dalam beberapa tahun sudah banyak pelajar yang tesnya dicabut ataupun dilarang ikut tes karena ketahuan copy-paste dari internet. Salah satu tanda yang menunjukkan para pelajar telah mengunduh dari situs luar diketahui dari frase dan ejaan yang memakai Inggris-Amerika.

Meski sudah memberikan peringatan kepada pihak sekolah dan orangtua mengenai hal di atas, namun mereka diimbau untuk tidak lantas melarang pelajar memakai internet.

Ofqual menganjurkan agar pelajar yang mengambil data dari situs sebaiknya dirujuk. Selain itu, sebaiknya pelajar memanfaatkan sumber online yang terpercaya.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Jumat (8/1/2010), search engine Google dan Yahoo ‘dinobatkan’ Ofqual sebagai permulaan yang bagus untuk melakukan penelitian.
( sha / ash )
sumber : http://www.detikinet.com

Iklan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: