Anak Pak Ojek Masuk UI Tanpa Tes


SIAPA bilang hidup pas-pasan menghambat ilmu. Aisyah Nur Kumalasari (17), hanya anak seorang tukang ojek, berhasil masuk universitas paling bergengsi di negeri ini tanpa tes.

Siswi kelas 12 IPA 1 menjadi kebanggaan SMAN 40 Pamedangan Jakarta Utara karena berkesempatan menjalani kuliah di jurusan Ilmu Gizi Universitas Indonesia (UI) melalui Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) itu

“Saya bersyukur sekali. Meskipun kondisi ekonomi orangtua tidak mampu namun berkesempatan menggapai cita-cita. Saya ingin membahagiakan orangtua,” ujar siswi yang kemana-mana tak pernah lepas dari jilbabnya itu.

Iis, panggilan akrab Aisyah Nur Kumalasari, tak segan-segan menceritakan keseharian oranguanya. Ayahnya yang hanya seorang tukang ojek, harus bekerja keras hanya untuk mendapatkan uang sekitar Rp 70.000/hari. Akibat proyek pemagaran jalur KA di kawasan Tanjung Priok, pendapatan itu turun menjadi sekitar Rp 50.000/hari.

Kondisi rumah yang didiami Iis bersama keluarganya juga jauh dari ukuran layak. Luasnya hanya 2,5 x 8 meter, berdindingkan triplek. Jika hujan selalu tergenang air. Apalagi bila ada kereta lewat, dinding rumah selalu bergetar. “Saya hanya berdoa, Ya Allah jangan rubuh rumah ini,” katanya seperti dikutip poskota online, Kamis (1/4/2010). Maklum jarak rumah dengan rel kereta api Tanjung Priok yang terletak di Jalan Pademangan Timur VIII RT 014/10 Jakut ini hanya selisih 2,5 meter.

Iis yang selalu juara kelas dengan rata-rata nilai rapot 8, tidak menyia-nyiakan kesempatan ketika sekolahnya mendapatkan jatah PMDK sebanyak 4 orang dari UI. PMDK yang dilalui oleh IiS merupakan dengan batas pendapatan orangtua dibawah Rp 1 juta. Ia hanya akan dikenakan biaya Rp 900 ribu/semester. Jika tidak lolos PMDK, seharusnya ia membayar Rp 12 juta/semester.

Kepala SMUN 40 Jakut, Drs Matalih, mengaku bangga dengan anak didiknya tersebut. Ia berharap keterbatasan ekonomi tidak harus menyurutkan apa yang ingin digapai. “Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan,” katanya berfilosofi.(pk/ijo)
zonaberita.com

Iklan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: