Murid Mata-Matai Guru via iPhone


LONDON – Sekolah-sekolah di Inggris saat ini diminta waspada terhadap aksi mata-mata yang dilakukan para murid menggunakan iPhone.

Salah satu sekolah yang tidak disebutkan namanya di Kent, Inggris mengemukakan isu bahwa kini banyak anak sekolah yang menggunakan iPhone untuk memonitor kinerja para staf sekolah dan mengirimkan penilaian langsung ke staf guru senior.

Fenomena ini mulai marak terjadi sejak diberlakukannya kebijakan program ‘jaminan kualitas’ di setiap sekolah, guna memastikan bahwa sekolah tersebut benar-benar memiliki kinerja yang cukup baik dan bertanggungjawab.

Dilansir Telegraph, Jumat (2/4/2010), Association of Teachers and Lecturers (ATL) di Inggris khawatir, hal seperti ini bisa ditiru oleh sekolah lain dan akan semakin banyak kepala sekolah atau guru senior yang meminta murid mereka menjadi ‘mata-mata’. Murid-murid kemudian akan menilai kualitas pengajaran di dalam kelas dan mengirimkan laporan kepada staf guru senior atau bahkan kepala sekolah secara langsung.

Pada konferensi tahunan ATL, seorang guru sekolah menengah John River menyebutkan bahwa ada sebuah sekolah di Kent yang beberapa muridnya ketahuan menggunakan iPhone untuk memata-matai guru mereka selama mengajar.

“Ada sepuluh murid yang berbeda-beda usianya, diminta untuk mengirimkan email berisi komentar mereka mengenai kualitas mengajar di sekolah tersebut langsung ke pusat database,” kata River.

Menurutnya ada elemen yang selalu dipantau. River sendiri secara umum tidak masalah jika murid diminta mengungkapkan pendapat mengenai kualitas mengajar para guru. Namun menurutnya, seharusnya ada penuntun yang jelas bahwa penilaian ini harus dilakukan dan dilaporkan melalui teknik penyelidikan.
Rachmatunnisa – Okezone

Iklan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: