Ketidak Serasian Hubungan Guru dan Murid,di zaman sekarang


Akhir-akhir ini banyak kasus penganiayaan guru terhadap muridnya. Tidak bisa disalahkan guru disatu sisi. Guru memang tugasnya salah satunya menjaga ketertiban. Terjadinya kasus penganiayaan itu bisa jadi karena murid yang kelewat kurang ajar pada guru. Jarang sekali guru sengaja bermaksud membunuh muridnya. Kalau terjadi Penganiayaan atau pembunuhan dan sebagainya pastilah murid yang kelewat kurang ajar pada guru sehingga membuat kesal guru.

Banyak murid sekarang tidak mau lagi patuh pada guru. Pelawan, sulit diatur dan sebagainya. Sebenarnya ini gejala perubahan sikap Orang Tua pada anaknya di keluarga yang sudah mulai demokratis yang kebablasan. Perubahan sikap guru terhadap muridnya yang mulai kendor dalam disiplin karena perubahan paradigma pengajaran yang tidak boleh lagi melakukan kekeranan terhadap anak, sekalipun itu cuma mata yang melotot, atau bentakan.

Perubahan sikap inilah membuat anak tidak ngerti lagi batasan yang dibolehkan dan yang tidak baik dilakukan. Anak melakukan sesuatu seenaknya saja tanpa tahu perbuatan ini salah atau tidak. Tidak mau dilarang karena perbuatan melawan kata orang dewasa (Orangtua dan guru) adalah kebiasaan yang menyenangkan untuk mendapat apa yang ia inginkan. Jika ia disalahkan ia mencari alasan untuk pembenaran atas yang ia lakukan.

Sikap pelawan anak disebabkan sikap longgar terhadap disiplin baik dikeluarga maupun disekolah sehingga anak tidak pernah tahu konsekwensi kesalahan yang ia lakukan. Kita perlu mengajarkan anak-anak kita konsekwensi dari sesuatu hal pilihannya. Kalau suatu hal itu buruk maka akan buruk pula akibatnya.
http://puja.blog.uns.ac.id

Iklan

2 Komentar (+add yours?)

  1. Anonymous
    Okt 16, 2010 @ 21:06:45

    @Anonim
    “Penyiksa (sadist) adalah penyiksa di seluruh dunia juga sama bisa bermuka ramah sekali, kecuali keliatan wujud aslinya”
    Wah, nampaknya ada adalah psikolog kelas atas ya 🙂 sudah mumpuni membandingkan Guru dengan pembunuh di seluruh dunia.
    Anda tidak akan dapat mengakses internet tanpa bantuan Guru.
    Seseorang dapat dengan mudah memaki betapa tidak enaknya sepotong kue, dan betapa memalukannya bila anda memaki rasa kue tersebut tanpa tahu apa yang terjadi di dapur tempat koki tersebut membuatnya.
    Terima kasih

  2. Anonymous
    Apr 13, 2010 @ 16:50:39

    “Kalau terjadi Penganiayaan atau pembunuhan dan sebagainya pastilah murid yang kelewat kurang ajar pada guru sehingga membuat kesal guru”

    Itu tidak benar karena anak kecil adalah anak kecil di seluruh dunia juga sama, sama bandelnya dan juga menjengkelkan.

    Penyiksa (sadist) adalah penyiksa di seluruh dunia juga sama bisa bermuka ramah sekali, kecuali keliatan wujud aslinya.

    Pembunuh itu adalah pembunuh diseluruh dunia juga sama tidak mungkin tiba-tiba membunuh tanpa alasan, harus ada alasan tertentu.

%d blogger menyukai ini: