Peringkat Teratas Nasional UN SMP dipegang Siswa Perempuan


Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengaku bangga dan memuji para pelajar perempuan atau siswi SMP yang mendominasi perolehan prestasi di ujian nasional (UN) SMP tahun ini. Kebanggan dan pujian Mendiknas tersebut khususnya diberikan kepada tiga siswi daerah yang memperoleh nilai rata-rata UN tertinggi.

Demikian kebanggan dan pujian tersebut diungkapkan kepada Mendiknas di hadapan para wartawan di Jakarta, Kamis (6/5/2010). Ketiga siswa peraih peringkat teratas UN tersebut antara lain Fitriayan Dwi Rahayu, siswi SMP Negeri 1 Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah, Ni Made Yuli Lestari dari SMP Negeri 1 Gianyar, Bali, serta Ni Kadek Indra Puspayanti, siswi SMP Negeri Abiansemal, Badung, Bali, dengan rata-rata nilai 9,95.

“Mereka perempuan, dari kota kecil, bukan dari Semarang atau Jakarta. Itu menunjukkan bahwa yang namanya prestasi tidak serta merta didominasi oleh pelajar dari kota-kota besar. Buktinya, yang jadi juara bukan dari ibukota, tapi di kabupaten kota,” kata Nuh.

Bagi ketiga siswa berprestasi tersebut, lanjut Nuh, Kemendiknas akan memberikan penghargaan demi memotivasi siswa dan sekolah tempat siswa tersebut menerima pendidikan. Selain itu, lanjut Nuh, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berencana akan menyampaikan ucapan selamat kepada kepala sekolah ketiga siswi tersebut secara langsung.

“Mudah-mudahan Presiden akan telepon langsung ke kepala sekolah masing-masing. Kami pun akan memberikan penghargaan bagi sekolah terbaik,” ujarnya.

Menurut data Kemendiknas, pada UN SMP tahun 2010 ini lebih banyak siswi atau pelajar perempuan yang memeroleh nilai tertinggi dibanding laki-laki. Dari deretan 117 siswa teratas dengan nilai tertinggi, sebanyak 65,25 persennya atau sekitar 74 pelajar adalah perempuan. Sementara pelajar laki-laki hanya 43 siswa atau sekitar 36,75 persen.

Adapun siswa-siswi di jajaran top 117 dengan nilai tertinggi 96 di antaranya berasal dari SMP Negeri, sedangkan 21 lainnya di sekolah swasta. Jumlah pelajar SMP yang berprestasi itu terbanyak berasal dari sekolah di Bali, yang mencapai 30 orang siswa.
KOMPAS.com

Iklan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: