Aduh bagaimana nih…..? Sekolah tidak ada gurunya


Ditemukan, sebuah sekolah tanpa guru, yakni di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Lubuk Gadung, Kecamatan Talo, Kabupaten Seluma. Murid-muridnya terpaksa dialihkan ke sekolah yang terdekat.
Belum ada tindakan serius dari instansi terkait untuk mengatasi kekurangan guru tersebut.

Demikian menurut anggota DPRD Provinsi Bengkulu Siswandi di Bengkulu, Selasa (11/5/2010). Siswandi menyatakan, pihaknya menemukan sebuah sekolah tanpa guru tersebut saat melakukan reses pekan lalu ke wilayah daerah pemilihan (Dapil) Seluma. Dia mengatakan, seluruh murid Madrasah Ibtidaiyah Negeri itu digabung ke sekolah di Desa Kebun Tinggi atau dua kilometer dari Desa Lubuk Ladung.

“Dan belum ada tindakan serius dari instansi terkait untuk mengatasi kekurangan guru tersebut,” ujar Siswandi.

Selain itu, kata dia, Kantor Kementerian Agama setempat, pun lepas tangan dan berdalih, bahwa seluruh gurunya sudah disebar ke sekolah lain. Sementara itu, pihak Dinas Pendidikan Seluma juga mengaku hal itu bukan kewenangannya.

Siswandi menilai, instansi terkait kurang tanggap untuk mempertahankan sekolah tersebut. Padahal, kata dia, warga dan sejumlah tokoh desa sudah berkali-kali memberitahukan soal tidak adanya guru yang mengajar di sekolah itu.

“Para guru sebagian besar enggan bertugas di daerah terpencil, padahal ketika diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) harus dapat melaksanakan sumpah dan janji jabatan,” ujarnya.(Kompas)

Iklan

5 Komentar (+add yours?)

  1. kangmartho.com
    Mei 19, 2010 @ 21:10:38

    bila sekolah tak ada murid gurunya bisa dimutasi kelain tempat…. bila sekolah tak punya gedung bisa numpang di tempat umum (masjid,balai desa) namun bila sekolah tak ada guru siapa yang akan memberi ilmu… perlu pemikiran serius semua fihak…. sedangkan jumlah alumni sekolah pendidik sudah melimpah ruah di negeri ini mereka kan bisa dimanfaatkan..

  2. Universitas Jember
    Mei 19, 2010 @ 13:42:13

    guru sebagai sarana pengajar disekolah kalo tdk ada guru berarti bukan sekolahan….

  3. Baju Wanita
    Mei 19, 2010 @ 13:40:09

    waduh…sekolah harusnya tempat belajar mengajar, nah kalo gini berarti belajar aj tanpa ada yang ngajar dunk???

  4. nanacitra
    Mei 14, 2010 @ 08:03:41

    join my blog

    nanacitra@gmail.com

    ^_^

  5. SDN Pengambangan 3 Banjarmasin
    Mei 14, 2010 @ 08:00:18

    wah ko bisa begitu? lantas bagaimana mereka belajar?

%d blogger menyukai ini: