Seleksi Guru Berprestasi 2010 Sepi Peminat ?

Dewan Pendidikan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menyatakan, minat peserta seleksi guru berprestasi tahun ini relatif rendah. Padahal, kegiatan tersebut merupakan salah satu alat ukur peningkatan mutu pendidikan di daerahnya.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pekalongan Muhlisin di Pekalongan, Jumat (28/5/2010).

Ilustrasi: Dari 103 SMP di Kabupaten, hanya 9 sekolah saja yang mengirimkan wakilnya, sedangkan dari 39 sekolah SMA hanya ada 7 sekolah yang mengirimkan gurunya dalam seleksi tahun ini.

Untuk itu, dia meminta kepada Dinas Pendidikan setempat meningkatkan bimbingan teknis dan kompetensi bagi para guru untuk memacu minat mereka mengikuti penyeleksian guru berprestasi tahun 2010 ini.

“Kami prihatin dengan minimnya para guru mengikuti seleksi itu, padahal agenda tahunan ini mestinya sebagai sarana unjuk kerja,” ujar Muhlisin.

Menurut dia, dari 103 sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) di Kabupaten, hanya sembilan sekolah menengah pertama (SMP) yang mengirimkan gurunya. Sementara itu, dari 39 sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) hanya ada tujuh satuan pendidikan yang mengirimkan delapan gurunya mengikuti seleksi guru berprestasi 2010 tersebut.

“Melihat kondisi jumlah peserta ini, terlihat ada indikasi bahwa para guru tidak berminat mengikuti seleksi guru berprestasi. Jujur saja, kami prihatin,” kata dia.

sumber : kompas

Iklan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: