Carilah Ilmu Hingga Ke Dalam Gua

Pepatah “Carilah Ilmu Hingga Ke Negeri China” rupanya ada benarnya. Sebuah sekolah goa di pedalaman China, sebagai contoh bagaimana mencari pengetahuan dengan keterbatasan tempat, namun memiliki semangat.

Sekolah itu berada di dalam gua besar sebuah gunung yang berada di desa Getu, pedalaman Provinsi Guizhou. Sesuai dengan tempatnya, sekolah ini dinamakan Sekolah Menengah Goa.

Sekolah ini layaknya sekolah normal yang berada di lain tempat, ada ruang kelas dan halamannya. Tapi bedanya, gedung sekolah ini tidak memiliki langit-langit. “Sejauh ini tidak penting,” sahut Kepala Sekolah (kepsek) Sekolah Menengah Goa sambil tertawa, seperti dikutip Sohu News, Sabtu (17/11/2007).

Walau bukan termasuk sekolah yang lazim, murid-murid yang bersekolah di sekolah unik ini sangat bersemangat dalam mencari ilmu. Buktinya? “Murid yang bertempat tinggal paling jauh, harus berjalan selama enam jam setiap harinya untuk menuju ke sini,” ujar Kepsek bangga.

Walau berada di daerah terpencil, sekolah ini diminati 186 murid yang berasal dari desa-desa di sekitar gunung. Jumlah yang cukup untuk tiga kelas. Sayangnya, sekolah yang didampingi delapan pengajar ini hanya membuka satu kelas saja.(dunia pustaka)









sumber: http://www.strov.co.cc/2010/02/sekolah-itu-terletak-di-dalam-gua.html

Iklan

2 Komentar (+add yours?)

  1. SDN Pengambangan 3 Banjarmasin
    Jun 03, 2010 @ 08:43:24

    wahhh, di dalam gua fasilitasnya lengkap. ada lapangan olga pula.

  2. siroel
    Mei 30, 2010 @ 19:41:22

    guanya keren…

%d blogger menyukai ini: