Pacu Kreatifitas Anak dengan Memafaatkan Buku Tulis Bekas

Tulisan ini terinspirasi tatkala kemarin setelah habis berbelanja keperluan anak untuk sekolah. Ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Coba bandingkan dengan ketika orang tua kita masih sekolah, yang mana siswa menulis masih menggunakan sabak. Caranya cuma digoreskan saja, karena bahan sabak ini dari batu granit. sehabis nulis hasil tulisan siswa tadi dinilai sama guru. Nilainya ditulis dengan kapur dan ditempelkan ke pipi siswa. Untuk menunjukkan ke orang tua bahwa siswa dapat nilai bagus (kalau sekarang bakal diumpetin jika dapat nilai jelek). Kalau sudah selesai menulis , siswa mencuci sabaknya untuk digunakan kembali. Berarti daya ingat orang jaman dulu tuh kuat abisss yah. Semuanya langsung disimpan di otak.

Dalam suasana ajaran baru di jaman sekarang lain lagi, anak-anak meminta semuanya serba baru, tas baru, bolpoin/pensil baru, buku tulis baru walaupun buku tulis yang dipakai di kelas sebelumnya hanya di terluang sedikit sisanya masih banyak yang kosong (ini dikarnakan anak banyak mengerjakan LKS) buku tulis itu sudah tidak dipergunakan lagi…paling-paling setelah itu dijual ke tukang loak.

Daripada mubazir seperti itu kita bisa mempergunakan buku tulis yang telah tidak terpakai itu menjadi barang yang berguna setidaknya bagi mereka sendiri salah satu misal buku tulis yang masih kosong diambil dan dibendel dengan yang lain untuk dijadikan tempat menhitung (bahasa jawa: ijiran). ini semua dapat dijadikan pendidikan psikologis bagi anak kita untuk bisa hidup hemat dan bisa menciptakan benih-benih kreatifitas mereka (mama iin)

Iklan

8 Komentar (+add yours?)

  1. Zahra
    Agu 05, 2010 @ 23:38:37

    Ide yang bagus ya Bu….

    Jadi terinspirasi buat di rumah nih aku..

  2. dwi utomo
    Jul 26, 2010 @ 06:28:32

    kalo perlu, merangkai kembali buku bekas perlu diselipkan di pelajaran kesenian soalnya gak setiap keluarga mengajarkan anaknya kreatif dengan buku bekas

    tutorial photoshop, corel draw kunjungi blogku ya disini

  3. aris
    Jul 14, 2010 @ 12:15:03

    blognya bagus…
    need IT???
    http://www.linovtech.com

  4. Anonymous
    Jul 14, 2010 @ 12:11:27

    blognya bagus…
    need IT???
    http://linovtech.com

  5. kangmartho.com
    Jul 13, 2010 @ 06:05:06

    ini baru anak kreatif
    bisa meringankan beban orang tua…salut deh

  6. Return to My Blogg
    Jul 12, 2010 @ 17:56:15

    bener sekali bu! saya setuju!
    kalo selesainya ujian akhir semester atau kenaikan kelas, biasanya buku tulis yang halamannya masih kosong, saya manfaatkan menjadi buku tulis baru lagi.. sehingga, lembaran yang tertulis pelajaran dari guru, dibuat bendel atau diarsipkan..

    betul kan bu??

  7. Ipin
    Jul 12, 2010 @ 06:24:46

    anak anak sudah mulai masuk sekolah yahhh..hayooo..beli peralatan dan keperluannya…

  8. nova13
    Jul 11, 2010 @ 19:13:13

    Numpang promo sobat? Mau dapat $10 hanya dengan cuma mendaftar
    secara gratis? Coba ini?

%d blogger menyukai ini: