Tersesat di dusun SILUMAN

Sore itu sehabis dari mengajar saya berniat untuk melihat tanaman padi yang baru saya tanam di sawah, kebetulan waktu itu persediaan pupuk dan pestisida di kelompok tani desaku sudah habis , dengan terpaksa saya menghubungi teman dan beliau menyarankan untuk membeli di kelompok tani dusun Siluman karena di sana rupanya persediaannya sangat banyak.

Tanpa menunggu lama saya pergi ke Siluman, mendengar nama dusunnya tak terasa bulu kuduk berdiri, akan tetapi karena membutuhkan pupuk mau tidak mau kami lakukan

setelah membeli keperluan saya langsung pulang karena takut kemalaman,  namun ternyata saya malah TERSESAT lupa jalan pulang… karena lelah ,saya mampir dahulu di masjid AL-MUTTAQIN Siluman dan barulah setelah bertanya sana-sini bisa kutemukan jalan kembali

Dusun ini termasuk dalam wilayah Desa Bades Kecamatan Pasirian berbatasan langsung dengan desa Gondoruso. Sering orang yang kebetulan melintas ke daerah ini yang kebetulan terlewati karena letaknya berada di jalan tembus Tempursari-Pasirian akan mengira bahwa tempat ini angker,namun setelah saya melihat dan mendatanginya ternyata di sana keimanan masyarakatnya cukup kuat dan tidak pernah saya melihat sosok wajah yang menyeramkan dari penduduknya walaupun nama dusunnya Siluman.

gambar tengkorak: id-id.facebook.com/…/100000986140994

Iklan

56 Komentar (+add yours?)

  1. arek klojen
    Jul 17, 2011 @ 16:44:33

    wah…jd kpingin kroscek ksana…
    kira2 da tempat yg menarik gak disana??? 😛 😛 😆 😆 :mrgreen: :mrgreen:

    • kangmartho
      Jul 20, 2011 @ 15:20:55

      monggo mas, mengenai itu saya kurang paham, soalnya saya jarang ke sana hanya lewat saja

  2. negeribocah
    Mei 22, 2011 @ 00:12:40

    kayaknya, di daerah magelang juga ada yg namanya DESA SETAN
    coba tanya mbah gugel aja, kang

    • kangmartho
      Mei 22, 2011 @ 05:38:38

      benar mas saya punya foto papan nama SD NEGERI SETAN kecamatan SECANG, dari inilah saya terinspirasi tuk nulis tentang dusun SILUMAN
      trims udh berkunjung

  3. kang ian dot com
    Mei 21, 2011 @ 17:51:09

    jiakaka siapa lagi yang iseng namain desa pake nama siluman 😀 yang agak elit dikit napa sih hehehe

  4. ponsel
    Mei 07, 2011 @ 08:22:32

    jiahHHH q kira sereMM nh trnyta…hehehehe

  5. achoey el haris
    Apr 29, 2011 @ 10:44:28

    Saya kira horor lho
    ternyata beneran ya 🙂

  6. niQue
    Apr 29, 2011 @ 09:46:41

    hahaha saya pun tadi mengira postingan ini pasti isinya agak2 horor
    eh ternyata oh ternyata
    paling bisa deh bikin judulnya hahaha
    eh emang asli nama desanya itu ya
    jadi judulnya bukan judul2an 😛

  7. mamah Aline
    Apr 28, 2011 @ 21:17:40

    saya pikir tadinya soal fiksi kang martho, ternyata dusun siluman hanya nama… nama sebuah dusun yang sudah ada sejak lama

  8. salamsayang.com
    Apr 28, 2011 @ 16:49:00

    Lam kenal
    ijin Singgah ya OM

    Lagi Blogwalking ni

  9. tunsa
    Apr 28, 2011 @ 08:39:12

    berarti “siluman” bukan makna sebenarnya..hehe
    kayak apa orang-orangnya kang? kok gak dipoto?

    • kangmartho
      Mei 01, 2011 @ 20:15:04

      memang nama siluman hanya nama sebutan…
      untuk foto orangnya kapan2 kalau sempat kan ku apload ditunggu aja..
      pokoknya rajin2 berkunjung aja ya

  10. edratna
    Apr 28, 2011 @ 06:06:27

    Nama dusunnya serem ya…padahal penduduknya ramah…
    Kenapa namanya nggak di ganti, atau dulu ada ceritanya kok nama dusunnya jadi Siluman. Nama kampungku Ngrowo, dulu memang ada rawa di sana, walau sekarang sudah jadi perumahan.

    • kangmartho
      Mei 01, 2011 @ 20:23:51

      ya mungkin karena untuk menjaga keunikan dan keaslianya nama itu dipakai aja walau akibatnya dikenal daerah yg seramm.
      nama kampungku juga seram mbak GONDORUSO yg berasal dari singkatan kata GONDORUWO yg (RUSO) yg berarti KUAT..
      jadi GONDORUWOnya KUAT2 disana padahal didaerahku orangnya g ada yg mirip gondoruwo namun sifatnya terkadang ada yg mirip
      trim udh berkunjung

  11. guru rusydi
    Apr 27, 2011 @ 17:52:38

    walah kuldesak kali tuh. becanda. mesti belajar ingat2 yang hal kecil biar jalan gak lupa.

  12. layungwengi
    Apr 27, 2011 @ 16:16:56

    tulisan SILUMAN dibikin gede untuk ‘menjebak’ pengunjung biar artikal ini dibaca… hayo ngaku, hehehe…

    makasih akang sudah mampir ke blogku, ya…

  13. abu4faqih
    Apr 27, 2011 @ 16:02:54

    Kang ada beberapa events nih, silakan tersesat di http://bangaswi.wordpress.com
    Semoga mendapat yang dicari 🙂

  14. sedjatee
    Apr 27, 2011 @ 12:18:06

    saya udah baca rapal dan mantra
    semoga gak takut baca artikel ini
    eeehhh.. rupanya…
    keren abis Kang Martho….. pinter sampeyan…

    sedj

  15. Kakaakin
    Apr 27, 2011 @ 10:58:28

    Mungkinkah kata Siluman punya makna yang lain ya??

    • kangmartho
      Apr 27, 2011 @ 15:23:24

      G tahu mbak… dari dulu nama itu udh ada (kata cerita orang tua2)

      • abu4faqih
        Apr 29, 2011 @ 13:42:08

        Betul Kang, kapan-kapan musti cari tau sejarahnya. Seperti Pontianak itu ‘katanya’ berasal dari ‘Kuntilanak’ karena dulunya sering terlihat sosok gaib perempuan berbaju putih dan berambut panjang.

        • kangmartho
          Mei 01, 2011 @ 20:18:59

          baru tahu sekarang kalau pontianak bersal dari kuntilanak…
          soalnya pernah saya denger cerita… karena disitu banyak panti anak lau dinamain dengan pantianak dan lebih enak dinamakan pontianak

  16. Saipuddin
    Apr 27, 2011 @ 05:44:38

    wah, sangat menyeramkan namanya, mudah-mudahan tidak dengan warganya. 🙂

  17. RISMAN
    Apr 26, 2011 @ 21:57:12

    salam blogger makassar…. terus update coba yang lucu-lucu mas cerita blognya seru pasti hehehe… follow balik yagh mas…

  18. wits
    Apr 26, 2011 @ 17:55:40

    dusun siluman? di propinsi mana tuh kang, maklum baru denger..:)

    emg klo belum ninjau langsung, jangan langsung percaya sama omongan2 yg belum jelas kebenarannya..

  19. Mabruri Sirampog
    Apr 26, 2011 @ 15:10:42

    sereman mana pak sama punya saya,, SIRAMPOG… 😀

  20. giewahyudi
    Apr 26, 2011 @ 13:41:36

    Beneran ada yang nama desa kayak gini, serem juga ya kalau ditanya, “sampeyan warga mana?” “saya warga siluman” 🙂

    • kangmartho
      Apr 26, 2011 @ 15:28:52

      wkakak… bisa aja mas Gie ini..
      cukup menghibur nanti saya kalau ke sana lagi akan bertanya sama warga di sana ” sampean anak mana?””saya anak siluman”

  21. budies
    Apr 26, 2011 @ 12:27:29

    wah jadi bapak sudah memasuki kawasan siluman ya pak, hehe terkecoh juga saya tadi

  22. Alwi
    Apr 26, 2011 @ 09:52:03

    Wah terkecoh saya, saat baca judul dan gambar tengkorak saya pikir ini semacam cerpen atau cerita fiksi spt komentar di atas, tahunya kisah nyata dan ada desa yg bernama Siluman heeee … walau terkesan serem dari namanya namun isinya/kenyataannya orang2nya/penduduknya malah taat beragama, jadi teringat ungkapan “Don’t look the book just from the cover”

  23. Orin
    Apr 26, 2011 @ 09:14:54

    Waaah…kok dusunnya dinamain begitu ya Kang? *binun
    Eh, kunjungan balik saya nih kang guru 😉

  24. kamal
    Apr 26, 2011 @ 05:46:09

    bacanya serius amat ni..hehe selamat datang di kampung siluman hehe

  25. choirul
    Apr 26, 2011 @ 05:35:26

    Pak, saya mengira waktu membaca judulnya tadi itu tulisannya fiksi, eperti cerpen gitu… ternyata beneran ada yang namanya dusun Siluman….

    wah ini perlu saya ceritakan ke teman saya ne…. Kok bisa tersesat ya pak?

  26. ayomendidik
    Apr 25, 2011 @ 19:48:48

    eh pastinya para silumannya udah berpendidikan semua, jadi budaya masyaratkatnya udah moderen …. spa dulu gurunya kang marto!

  27. berbagi energi kebaikan
    Apr 25, 2011 @ 19:47:00

    heeeeeeeee …… 😀 😀 😀
    ingin senyum – senyum bacanya
    sy pikir siluman dari gua hantu heee 🙂 🙂

%d blogger menyukai ini: