Asyiknya Telusuri Segitiga Ranu

Sudah seminggu ini saya tidak mengajar itu semua dikarnakan ada libur cuti bersama juga libur waisak,  setelah itu dimulai hari Rabu sampai Sabtu harus menghadiri pelaksanaan pembuatan soal ujian akhir semester.

 

Hal ini menimbulkan keasyikan tersendiri dikarnakan letak lokasi dari rumah lebih dekat daripada ke sekolah juga jalannya penuh pemandangan yang menarik karena melewati segitiga ranu yaitu ranu Pakis, ranu Klakah, ranu Bedali yang termasuk dalam kawasan kecamatan Ranuyoso dan Klakah kabupaten Lumajang

 

1. Ranu Pakis

Jarak dari rumah sekitar 20 Km, pagi-pagi saya sudah sampai di sana sehingga dapat melihat air yang masih bersih.


di sini banyak keramba ikan milik penduduk sekitar

jalan terus hingga di atas Ranu Pakis

 

2. Ranu Klakah

Terletak sekitar 1 km ke utara dari ranu Pakis


karena suasana masih pagi maka kelihatan perkabut, namun demikian para penjual ikan sudah mulai menggelar dagangan


namun yang patut disayangkan kurangnya perhatian dan pengeolaan sehingga seperti nampak pada foto di bawah perahu dan angsa-angsaan terbengkalai

3. Ranu Bedali

Inilah ranu yang dekat dengan tempat saya membuat soal tepatnya di desa ranubedali kecamatan Ranuyoso, letaknya sekitar 2 km dari ranu Klakah tadi

di daerah ranu ini tinggal rekan saya BLOGGER juga teman GURU yang sudah kawakan dan ahli dalam bidang komputer dan audio visual yaitu ABITASA, terus terang saya sangat salut pada beliau walau tinggal di daerah pelosok namun beliau merupakan “mutiara manikam” pendidikan bagi kecamatan Ranuyoso dan kabupaten Lumajang.

berikut petanya

Iklan

50 Komentar (+add yours?)

  1. bundadontworry
    Jun 27, 2011 @ 14:23:58

    Subhanallah, Kang …..
    benar2 indah dan memanjakan mata dan pikiran, keindahan panorama di semua Ranu ini
    dan, ikan2 yg dijual itu pd gambar, apakah hasil dari Ranu itu Kang?
    kalau iya, Ranu2 ini bisa memberikan kehidupan juga pd masyarakat sekitarnya ya , alhamdulillah 🙂
    salam

    • kangmartho
      Jun 28, 2011 @ 07:11:12

      ya Bunda…
      seperti yg nampak di foto semua masih alami dan jauh dari serakahnya manusia, ikan2 itu memang hasil dari ranu tsb, bila dihari libur atau sore banyak orang2 memancing di situ.
      semoga pemerintah bisa memanfatkan ini sebagai potensi tuk pemasukan PAD
      salam

  2. adin
    Jun 21, 2011 @ 09:43:13

    tadi saya kira mbahas ranu pane ato ranu kumbolo, hehehe, tapi menarik juga nih untuk dijajah suatu saat nanti

    • kangmartho
      Jun 21, 2011 @ 10:05:51

      memang dari sekian ranu yang ada di wilayah Lumajang ranu Pane dan Kumbolo yang sangat terkenal, oleh sebab itu saya mencoba mengangkat beberapa ranu yg masih belum terkenal dan bisa menghasilkan PAD lumajang

  3. AtA
    Jun 10, 2011 @ 15:16:05

    ..
    wah sebagai orang jatim baru tahu nih ada segitiga ranu ini..
    saya taunya ranu pane dan ranu kumbolo.. ^^
    ..

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 19:07:01

      memang yang terkenal ranu pane dan ranu kumbolo ini karena dekat dengan gunung semeru
      untuk segitiga ranu yang satu ini masih alami mas dan letaknya dekat dengan jalur Probolinggo-jember kok

  4. loewyi
    Jun 10, 2011 @ 08:32:03

    Wah sepertinya seru…. jadi pengen dah…. 😀

  5. budies
    Mei 30, 2011 @ 17:14:17

    kok segitiga to pak, padahal; kalau dilihat dari atas lurus gitu lho, apa jalan menuju ke lokasi berkeliling gitu pak

    • kangmartho
      Mei 30, 2011 @ 18:56:00

      Betul sekali Mas Budies ini..jalannya memang berkeliling sehingga hampir membentuk segitiga,
      istilah segitiga ini dikandung maksud untuk mempermudah ingatan saja

    • david
      Mei 31, 2011 @ 00:35:53

      secara matematis, itu emang segitiga lhoooo 😀
      slm kenal dari orang kudus 🙂

  6. budies
    Mei 30, 2011 @ 17:12:00

    pak kalau bahasa dayak Ma’anyan, Ranu itu berarti air, apa ada kaitannya ya pak

  7. abu faqih
    Mei 30, 2011 @ 16:27:17

    Wah indahnya 3 ranu itu, di dekat rumah saya juga ada beberapa setu. Selain setu alami juga ada setu-setu buatan sebagai contoh danau-danau kecil di wilayah kampus UI. Kapan-kapan saya bikin dokumentasinya, insya’Allah 🙂
    Btw, Kang kenapa pindah rumah? Bukan karena ikut-ikutan kan 😀

    • kangmartho
      Mei 31, 2011 @ 06:24:04

      wah ditunggu nih postingannya apapun bentuk ranu/setunya
      ………….
      pindah rumah ????????
      ini karena liburan kenaikan kelas nanti saya diundang tuk jadi pembicara dalam workshop pembuatan blog bagi guru2
      jadi kalau blognya acak2an kan memalukan jadi tertantang ganti domain dan hosting, tunggu aja postingannya tentang workshop ini :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  8. Irawan
    Mei 30, 2011 @ 12:01:23

    wah 3 danau cantik yang terletak berdekatan… berpotensi jadi obyek wisata alam nih… seandainya bisa dikelola dengan benar pasti akan mendatangkan rejeki, baik bagi pemerintah atau warga sekitar…

    • kangmartho
      Mei 30, 2011 @ 13:55:10

      Sepakat mas…….. sekarang bagaimana usaha pemerintah untuk menggali potensi wisata sebagai pemasok PAD kabupaten tentunya

  9. sedjatee
    Mei 30, 2011 @ 07:58:55

    tok tok tok
    kulanuwun…
    mengunjungi rumah barunya Kang
    semoga betah dan penuh berkah

    sedj

    • kangmartho
      Mei 30, 2011 @ 08:19:17

      Amien…ini semua tuk blogger semua
      agarsemoga tidak kapok2 datang kemari 😆 😆 😆 😆

  10. Mhd Wahyu NZ
    Mei 30, 2011 @ 04:39:08

    wuiiiih… hijaunya itu, senangnya bisa lihat itu alam yg hijau dengan air
    kombinasi yang menarik untuk terjun bebas, berenang sepuasnya
    anuu… maksud sayanya adalah sepuasnya saya *dgn kemampuan renang terbatas, yg penting puas*

    dan jadilah menambah saya tau, bahwa tidak hanya ada ranu pane.

    • kangmartho
      Mei 30, 2011 @ 06:38:58

      saya sangat terpukau atas kemampuan mas wahyu yg dalam hal penulisan koment, terus terang banyakbelajar dari anda,
      …………………
      Lumajang sangatlah banyak potensi wisata terutaama ranunya selain yg diatas ada ranu Pane, ranu Gumbolo, ranu Wurung dll

      • Mhd Wahyu NZ
        Mei 31, 2011 @ 08:26:38

        whuaaa… 😕 ga salahkah itu kang martho?
        kan sayanya lebih suka seadanya, maksudnya seadanya mood saya lagi bagaimana 😐

        dan… kebetulanlah sayanya cuma selalu hanya lewat di lumajang, belum pernah ada kesempatan untuk mampir sekalipun dulu pernah kenal dengan seorang mahasiswi cantik dari lumajang

        • kangmartho
          Mei 31, 2011 @ 13:02:18

          justru dengan seadanya itu yg membuat ku terarik he..he 😀 😀 😀 😀
          ……………
          untuk yg terakhir …bukannya pamer, memang cewek2 lumajang g kalah dengan gadis ibukota sekalipun :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  11. ysalma
    Mei 29, 2011 @ 19:47:16

    pemandangannya hijau, sehingga terasa adem dan damainya,
    ikannya seger banget ya 😉
    (ini koment kedua disini, muncul gaya) 🙄

  12. M Mursyid PW
    Mei 29, 2011 @ 11:34:18

    Wow, pemandangannya bisa bikin hati adhem, Kang.

  13. Abi
    Mei 28, 2011 @ 21:33:59

    Tambah ngejreng websitenya

  14. Mabruri
    Mei 28, 2011 @ 11:49:52

    ini dia rumah barunya pak…. 🙂
    smoga semangatnya terus meningkat ya pak dengan rumah baru ini,,

  15. Abi
    Mei 28, 2011 @ 03:02:29

    hebat iki. dak kondo kondo….dak ngejak pisan ….he…..he…..ani piro ?

  16. Marchei Riendra
    Mei 25, 2011 @ 23:24:34

    Indah sekali. Jadi pengen poto-poto disana. Ada yang jual ikan segar lagi sepertinya…^^

  17. amisha syahidah
    Mei 25, 2011 @ 07:58:41

    ooh jadi ranu itu artinya danau toh, cantik danaux mas.. asri gitu..rindu pada tempat2 yg asri..smg bisa dibudidayakan..

    • kangmartho
      Mei 25, 2011 @ 16:55:55

      benar mbak ranu itu sama dengan danau
      …………….
      jadi sangatlah beruntung saya masih bisa menikmati keasrian dan kealamian ranu ini

  18. dede6699
    Mei 24, 2011 @ 22:00:46

    woww..panorama yg indah..pengen ksana..kallo lihat alam ky gitu..ga tahan..hee.. Oy ranu itu apa yah..hehee..

  19. SITI FATIMAH AHMAD
    Mei 24, 2011 @ 21:35:13

    Assalaamu’alaikum wr.wb, KangMartho…

    Apa khabar ? Lama tidak bertandang ke taman ilmu KangMartho. kelihatannya sudah ada pembaharuan theme ya.

    Membaca posting wisata lokal dari KangMartho, sangat mengasyikkan. Banyak sekali tempat wisata yang menarik di Indonesia. Ranu 2 itu kelihatannya masih alami, belum terusik dan tidak tercemar. tentu sekitanya nyaman udara dan bersih. baik untuk kesihatan dan merehatkan badan bagi melepas lelah setelah sibuk dengan kerja di kantor.

    Foto2nya juga keren2 kang. pemandangan yang mengasyikkan. Trims ya sudah berbagi keindahan ranu2 di tempat Kang di sana. Saya berharap bisa sampe nanti ke sana dan melihat sendiri. Mudahan alam sekitanya tetap terjaga indah untuk tatapan anak cucu di kemudian hari.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. 😀

    • kangmartho
      Mei 24, 2011 @ 22:16:50

      Wa’alaikum salam Bunda
      ………………………….
      Trima kasih atas kunjungan bunda walaupun agak lama, saya menghargai kesibukan bunda.
      senang sekali bunda sudi menghiasi blog sederhana ini dengan tulisan2 bunda yang tak pernah habis, hal inilah yang menjadi penyemangat bagi saya tuk terus menulis.
      Salam Mesra juga dari Lumajang kota Pisang

  20. sedjatee
    Mei 24, 2011 @ 20:36:33

    saya cuma terkesan lagunya gombloh jaman dulu
    ada lagu RANU PANE
    apa juga sebuah danau gitu ya Kang?

    sedj

    • kangmartho
      Mei 24, 2011 @ 20:45:02

      benar sekali mas…………
      ranu pane adalah sebuah danau di daerah lereng G. Semeru dan termasuk potensi wisata kab. Lumajang
      ……………..
      ngomong2 mas Sedjatee…. kok tahu lagu gombloh tentang ranu Pane itu dari mana, baru kali ini saya dengar…salut deh

  21. Mabruri Sirampog
    Mei 24, 2011 @ 09:03:37

    subhanallaah,, masihh alamii,,,
    adem bener kayanya,,,, jadi inget kampung halaman.. 🙂

  22. kang ian dot com
    Mei 24, 2011 @ 06:57:35

    wah asik ni mas potonya.. mantep kayanya kalau jalan-jalan kesana 😀

    • kangmartho
      Mei 24, 2011 @ 15:16:23

      sebenarnya saya sangat suka lewat di sini, udaranya enak, namun agak takut bila naik motor sendirian karena jalanan sepi dan jarang rumah penduduk disepanjang jalan menuju 3 ranu ini jadi rawan kejahatan

%d blogger menyukai ini: