Terwujud Keinginan Tuk Membaca SBY

Banyak  yang mengecam  mengapa buku-buku SBY sampai masuk  ke sekolah dengan berbagai alasan misalnya isinya tidak sesuai dengan kurikulum yang diujikan. Dengan merujuk Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis dan Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus menyebutkan peredaran buku yang dibiayai dana alokasi khusus harus sesuai dengan kurikulum yang diujikan secara nasional.

Bahkan  http://metrotvnews.com menyebutkan bahwa salah satu alasannya yaitu buku-buku itu dinilai meracuni anak-anak karena, sedikit atau banyak, isinya mengandung kultus individu. Hal itu tidak sehat bagi peradaban demokrasi.

Hal ini menimbulkan rasa penasaran pada diri saya tuk membaca buku-buku SBY itu, dan ini terjawab sudah dengan adanya bantuan Dana Alokasi Khusus tahun 2010 dan semua kiriman buku tersebut dapat tuntas terkirim kemarin hari sabtu, 4 Juni 2011.

Buku yang ada termasuk dalam 1 paket DAK itu meliputi 1000 judul dan mencapai 4000 ekslempar, diantaranya yaitu buku yang bercerita tentang  profil SBY dan terdiri dari 10 jilid yaitu:

  • Lebih Dekat dengan SBY: Jalan Panjang Menuju Istana;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Merangkai Kata Menguntai Nada;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Memberdayakan Ekonomi Rakyat Kecil;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Jendela Hati;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Adil Tanpa Pandang Bulu;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Peduli Kemiskinan;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Diplomasi Damai;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Menata Kembali Kehidupan Bangsa;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Indahnya Negeri Tanpa Kekerasan;
  • Lebih Dekat dengan SBY: Berbakti untuk Bumi.

Dan juga ada beberapa judul buku tentang tokoh Indonesia maupun dunia, namun sayang dalam penulisan beberapa buku di atas saya kira belum waktunya untuk dikomsumsi anak usia SD,  alasanya dalam satu buku terlalu banyak tulisan dan jarang ada gambar ilustrasinya, mending dibuatkan cerita bergambar sehingga anak2 tidak bosan dan cepat lelah dalam membaca.

Namun intinya dengan bantuan buku ini kami dan juga anak-anak sangat senang menerimanya tanpa memperdulikan polemik politik yang ada di atas sana,  karena  kami memang sangat “haus” akan ilmu pengetahuan dan para guru juga sangat butuh referensi serta rujukan tuk mencerdaskan bangsa

 

 

Iklan

46 Komentar (+add yours?)

  1. Agus Sukyanto
    Jun 19, 2011 @ 19:04:36

    Beruntung Anda dapat buku-buku tersebut. Saya juga sangat pengin tahu apa isinya. Melihat judulnya, merupakan pembelajaran bagi anak untuk lebih mengenal dan menghargai siapa pemimpinnya.

  2. Mbah Jiwo
    Jun 19, 2011 @ 10:47:23

    :mrgreen: Kontroversi ya mas…kalau saya sih baca saja…

    • kangmartho
      Jun 19, 2011 @ 12:03:51

      sama juga Mbah… saya juga g memperdulikan bagaimana polemik yg diatas
      yg penting nambah pengetahuan dengan membaca… mumpung gratis 😆 😆 😆 😆 😆

  3. giewahyudi
    Jun 19, 2011 @ 09:13:40

    Coba kalau SBY nerbitin buku Megawati atau Gus Dur gitu..
    Ah sudahlah enggak ada yang bisa diharapkan..

    • kangmartho
      Jun 19, 2011 @ 09:28:23

      iya baru ingat… mengapa ya kok g diikut sertakan buku tokoh tsb,
      apa memang g ada yang mengarang buku tersebut he..he

  4. M Mursyid PW
    Jun 19, 2011 @ 08:40:48

    Baca, baca, dan baca. Sejak dini aka harus dibudayakan membaca. Membaca apa saja termasuk biografi tokoh sukses.

    • kangmartho
      Jun 19, 2011 @ 09:15:34

      Sepakat pak… justru dimulai dari anak2 kesadaran pentingnya membaca tentu akan lebih bagus.
      bagaimana tutorial flashnya pak…. saya penasaran sekali tentunya

  5. Guusn
    Jun 19, 2011 @ 04:30:54

    kunjungan perdana, menurut saya, pak SBY sudah bagus membagikan buku karena untuk meningkatkan minat baca anak2.

    • kangmartho
      Jun 19, 2011 @ 07:49:43

      pemberian buku kepada siswa sangatlah bagus bila sesuai dengan daya tangkap siswa, namun bila dikait2kan dengan bau politis itu yg perlu dipertanyakan..
      akan tetapi saya pribadi tak memperdulikan hal itu yang penting minat baca siswa sekarang lebih tersalurkan dengan adanya bertambahnya literatur bantuan ini
      trims udh berkunjung

  6. Marchei Riendra
    Jun 14, 2011 @ 15:37:34

    Pak Beye itu narsis juga ya. Banyak kan artis yang buat biografinya? Pak Beye juga ikut2an. hehehe :mrgreen:

  7. Siti Fatimah Ahmad
    Jun 13, 2011 @ 21:03:17

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Kang Martho…

    Lama tidak menyapa dan bertanya khabar. Didoakan selalu sihat dan tetap cergas berbakti untuk anak bangsa dalam mendidik minda dan jiwa mereka menjadi insan berguna.

    Wah.. mantap deh kalau buku para pemimpin besar dibaca oleh anak-anak sejak kecil bagi menanam minat mereka untuk berjaya sebagai insan berguna kepada bangsa dan negara.Selain mengenal pemimpin dan cara fikir mereka.

    Tapi saya setuju dengan Kang Martho, kalau buku untuk anak-anak SD harus banyak gambar dari tulisannya kerana penerimaan mereka tidak mampu memahami tulisan yang banyak. Sebaiknya juga jangan berbau politik kerana menambah berat pemikiran anak-anak yang patut dicurahkan dengan ilmu pendidikan yang sesuai dengan aras pemikiran mereka.

    Selamat berjaya dan salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    • kangmartho
      Jun 16, 2011 @ 07:05:39

      Wa’alaikum salam, Bun…
      Alhamdulillah kami beserta keluarga senantiasa diberi rahmat dari yg diatas sehingga masih sehat dan bisa OL dan BW tentunya
      mengenai buku tokoh pemimpin kita tentunya memang perlu bagi pengetahuan anak namun harus sesuai dengan dunia anak yang tentunya siswa lebih senang dan tertarik bila disajikan dengan bergambar
      salam mesra dari pegunungan jenggrong

  8. ichsan
    Jun 10, 2011 @ 19:23:07

    saya nokomen ah kang martho, btw isinya copy paste yah ?

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 19:42:00

      saya juga males untuk urusan yg satu ini
      dilihat dari daftar pustakanya banyak yg ngambil dari internet juga media lain

  9. kamal
    Jun 10, 2011 @ 16:23:38

    ya klo emang bermanfaat dan menjadi inspirasi ya monggo..sok lah dibaca..semua pendpat ga ada yang slah ko…yang slah mah masuk penjara.. glek.. betul banget ambil positifnya aja.. mudah2an isinya bukan doktrin semata.. biz blm baca sich… mantaaaaaaap”

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 17:57:30

      Jadi Allhamdulillah saya mempunyai kesempatan tuk membaca buku SBY itu,
      namun sampai saat ini saya msh belum membacanya hanya lihat2 dan bolak2 balik bukunya aja, lagi males mbaca soale g ada gambarnya (=kayak anak kecil aje 😀 😀 😀 😀 )

  10. Fonega
    Jun 10, 2011 @ 15:03:36

    ngumpulin uang ah buat beli tuh buku 😀

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 17:59:42

      sebelum membeli ku beri sedikit gambaran
      materinya sebagian besar buku ini adalah ngambil dari internet dan media cetak/elektronik

  11. aryadevi
    Jun 10, 2011 @ 13:32:29

    je tapi kalau untuk mencerdaskan siswa SD mesti sesuai dengan materi-materi yang ada di SD….

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 18:01:48

      saya dan anak2 malah mengharapkan diberi bantuan buku2 seperti ensiklopedi dari beberapa mata pelajaran, itu menurut saya yang sangat perlu

  12. Sriyono Semarang
    Jun 10, 2011 @ 13:17:24

    Kunjungan perdana dari lorong Tusuda kang,
    aku ora melu melu lah nek politik… 😀
    yang mo diomongin dah disampaiken daripada Mas Sedjatee 🙂

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 13:26:25

      trims atas kunjungannya dan salam kenal
      soal politik ???? saya juga males tuh membicarakannya 😆 😆 😆 😆 😆 😆

  13. Orin
    Jun 10, 2011 @ 12:18:55

    Apakah tidak terlalu ‘berat’ bagi usia anak SD buku2 itu kang?

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 12:26:14

      paling tidak nantinya hanya untuk pajangan saja karena jarang di baca 😆 😆 😆

  14. citra w hapsari
    Jun 10, 2011 @ 12:13:28

    nocoment dah…
    klo memng niat untuk edukasi, tak perlu lah bawa2 nama diri

  15. niQue
    Jun 10, 2011 @ 08:12:12

    ya begitulah
    dari usia dini sudah mau dicekoki ..
    paling bisa emang 😀

  16. alamendah
    Jun 10, 2011 @ 06:46:53

    kalau begitu sama dengan anak-anak di sini, dong. Saking kuranbgnya bahan bacaan, koran bekas bukus terasi saja dibaca…
    *Berlebihan, ya?. Hehehehe

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 08:03:05

      anak yg punya rasa ingin tahu lebih terkadang memang berbuat begitu
      koment yg memberi inspirasiku tuk posting minat baca anak2

  17. bchree
    Jun 10, 2011 @ 04:59:58

    :mrgreen: 👿
    kalau buku-buku yang lain si OKE aja deh, tapi kalau bukunya para pemimpin dan jumlahnya hampir 30% dari buku yang dikirim kayak di skul q ya ini namanya RUGI banget …. 1,2,3 buku aja cukup. mending buku yang lainnya

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 06:09:30

      benar pak sebaiknya yang lebih diperbanyak adalah buku pengayaan dan referensi tuk kreatifitas guru dan siswa 😥 😥

  18. ysalma
    Jun 09, 2011 @ 17:08:08

    saya ga ikut komen ahh Kang,
    kalau dananya memang dari dana alokasi buku untuk sekolah-sekolah,
    kayaknya banyak buku diluar sana yang bagus untuk kreatifitas anak-anak SD 🙂

    • kangmartho
      Jun 10, 2011 @ 06:07:44

      ya mbak g papa…
      memang istilahnya dapat bantuan dana alokasi buku…
      ini bukan berarti sekolah mendapat uang tuk membeli buku namun sebaliknya sekolah dikirimi buku dengan jumlah harga total sesuai dengan alokasi dana

  19. isnuansa
    Jun 07, 2011 @ 19:21:24

    Apapun bacaannya, minumnya Teh Botol Sosro… :mrgreen:

  20. Mabruri
    Jun 07, 2011 @ 17:31:45

    setuju dengan pernyataan menerimanya tanpa memperdulikan polemik politik.
    Betul pak, bener kata kang To juga, ambil sisi positifnya.

  21. amisha
    Jun 07, 2011 @ 17:13:02

    waaah pindahan y mas..jadi tambah keren blogx..

    bener tu kata mas kang to, ambil baikx, buang burukx..:-)

    • kangmartho
      Jun 07, 2011 @ 19:09:46

      bener… sorry g bilang2 😆 😆 😆
      SEPAKAT juga… yg penting anak2 senang dan makin luas pengetahuannya

  22. kangto
    Jun 07, 2011 @ 16:03:45

    Ambil baiknya dan buang buruknya. Gitu aja kok repot. hehehehe 😆 😆

  23. sedjatee
    Jun 07, 2011 @ 07:40:03

    mirip rezim-rezim lama
    pak harto juga nerbitkan biografi
    lantas apa bedanya mereka ya?

    sedj

%d blogger menyukai ini: