"PEKONOL" Ritual Pembersihan di Bulan Ramadhan

kangmartho.com : Sebenarnya kegiatan ini terjadi pada saat permulaan bulan Ramadhan tiba, namun berhubung foto kegiatannya diketemukan kemarin (ini semua disebabkan karena memotretnya memakai webcam di laptop dan dicari-cari hasil potretannya g ketemu) maka tidak ada salahnya bila kuposting kali ini

Pekonol (o dibaca seperti kontrol) adalah sebuah ritual pembersihan raga dalam menyambut bulan puasa, dan kata pekonol sendiri berasal dari bahasa madura yang berarti gundul. Pada hari itu banyak lelaki beramai-ramai menggunduli dirinya, tak terkecuali siswa kami ikut-ikut kepalanya digundul. Momen ini tak disia-siakan pihak sekolah tuk menertibkan rambut siswa yang mulai berantakan meniru model rambut pujaan mereka.

Sekolahpun mendatangkan tukang cukur dari kota dan dikontrak untuk “merapikan” rambut murid putra dengan biaya sekolah dan “urunan” para guru. Dan bagi guru yang bisa mencukur juga ikut menggunduli para siswa

nampak tukang cukur juga dibantu seorang guru menggunduli rambut siswa

Mungkin kegiatan ini tidak ada dalam syariat agama Islam namun ritual ini akan tetap dilaksanakan setiap tahun, karena banyak segi positif yang diambil mis: siswa terbiasa dengan rambut yang rapi dan sopan serta tidak terpengaruh dengan gaya/model rambut yang panjang nggak karuan

Iklan

32 Komentar (+add yours?)

  1. HALAMAN PUTIH
    Agu 15, 2011 @ 08:37:21

    Saya setuju dan mendukung kalau kegiatan ini dilaksanakan di setiap sekolahan. Intinya bukan di ramadhannya tapi menanamkan kedisiplinan dan kerapihan pada siswa itu sendiri.

    • kangmartho
      Agu 15, 2011 @ 12:24:53

      di lembaga kami kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada permulaan puasa aja, setiap awal masuk sekolah baik semester 1 dan 2 kegiatan ini dilaksanakan

  2. M Mursyid PW
    Agu 15, 2011 @ 00:21:44

    Baru denger ada istilah pekonol. Di tempat saya hanya ada megengan (padusan) setiap menjelang ramadhan.

    • kangmartho
      Agu 15, 2011 @ 06:54:21

      di daerah saya juga ada istilah megengan dikandung maksud untuk bersiap-siap megeng howo nafsu menyambut bulan puasa

  3. bundadontworry
    Agu 14, 2011 @ 20:29:58

    inilah tanda dr kayanya budaya negeri kita ya Kang
    masing2 tempat/daerah punya tradisi sendiri dlm menyambut Ramadhan 🙂
    salam

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 21:33:34

      benar Bunda, hal ini yang menjadikan salah satu penyebab bulan ini semakin dirindukan oleh kaum muslim

  4. Sugeng
    Agu 14, 2011 @ 20:26:35

    Banyak tradisi semacam ini di berbagai daerah di Indonesia dengan sebutan yang beragam pula. Semoga bisa mengambil sisi positifnya tanpa menambah-namabahi sariat yang ada. 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 21:36:07

      Sepakat Mas, bangsa kita amatlah kaya akan ranah budaya, disetiap tempat akan berbeda dalam menyambut bulan suci ini, semoga hal ini menjadi tali perekat persaudaraan muslim.

      salam hormat dari pegunungan Jenggrong

  5. fi
    Agu 14, 2011 @ 15:55:10

    permisi kang martho..
    mau izin tuker link ini..

    udah saya pasang linknya di lapak saya, terima kasih pak..

  6. Agus Sukyanto
    Agu 14, 2011 @ 14:05:21

    Wah baru kali ini saya tahu kalau ada tradisi menarik ini. Seperti lagu gundhul-gundhul pacul……. tapi ini jauh lebih bermakna.

  7. ario saja
    Agu 14, 2011 @ 13:44:39

    jadi gundul semua dong 😉

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 17:52:05

      untuk siswa kelas rendah biasanya g rewel bila digundul, namun untuk yang kelas tinggi sebagian minta ditipiskan rambutnya aja…
      tak kalah guru-gurunya pun ikut bergundul ria tak terkecuali saya pribadi 😀 😀 😀 😀

  8. MENONE
    Agu 14, 2011 @ 13:24:49

    potongan masal nich sob hehehehehehehee……….

    salam persahabatan selalu dr menone

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 17:48:11

      ya jadi acara potong masal….
      kedepan diusahakan lebih meriah lagi juga mengundang tukang potongnya agar lebih banyak biar g kuwalahan

  9. ganesha
    Agu 14, 2011 @ 07:38:43

    Bagus ini, Biar semuanya bersih dalam menyambut ramadhan yg suci ini. 😀
    Salam kenal kang.

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 09:55:18

      jiwa dan raga harus suci dalam menyambut bulan penuh berkah ini…
      salam kenal kembali

  10. Dhenok
    Agu 14, 2011 @ 07:16:06

    pasti seru ya kang.. disini kagak ada tuh ritual kayak gitu, padahal asyik kalo ngelihat laki-laki pada botak semua.. :mrgreen:

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 09:57:56

      Sekarang ritual ini dilaksanakan bukan tuk jadi gundul semua… namun hanya memotong/merapikan rambut..sedangkan anak2 kebanyakan banyak yang gundul namun tidak sampai botak…

  11. Erwin
    Agu 14, 2011 @ 04:41:26

    ritual daerah madura ya?

  12. ayomendidik
    Agu 14, 2011 @ 02:15:48

    wah… wah … ritual yang penuh makna
    bisa juga dicontoh di sekolah sy pak, biar lebih rapi dan bersih menjalankan ibadah puasa di bulan suci
    sy copas untuk sy kirim ke majah kita, mudah2 bisa dimuat 😀 😀 😀

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 03:58:29

      Alhamdulillah bila kegiatan ini bisa menjadi tauladan bagi sekolah lain…
      di lembaga kami kegiatan ini biasanya juga dilaksanakan pada saat PSB….
      Makasih Pak.. bila berkenan tuk mengimpor ke MSP yang tentunya perlu pengeditan dan penambahan kata2 demi kualitas tulisannya

  13. Dodi Faedlulloh
    Agu 13, 2011 @ 22:35:55

    Wah saya malah baru paham ada adat “pekonol” semacam ini. Btw dilakukan di sekolahan juga ? wah bisa sekalian razian rambut juga ya ? Hehe 🙂

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 04:00:59

      ya memang kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan anak2 sudah menyadari dan siap menerimanya….yang tentunya Wali Murid juga senang karena melihat putranya rapi penampilannya. 😀

  14. Danu Akbar
    Agu 13, 2011 @ 20:56:05

    Ya.. pada dasarnya bulan Ramadhan memang “the way” menuju kefitrahan 🙂

    • kangmartho
      Agu 14, 2011 @ 04:02:27

      Yups setuju… dan kegiatan pekonol ini adalah salah satu jalan mencapai fitrah tsb

  15. Mabruri
    Agu 13, 2011 @ 08:52:52

    hheheheh, bener pak,
    kayanya ga dimana-mana, setiap mau Ramadhan pasti rame pada mbagusin genteng (kepala),, heheh

    • kangmartho
      Agu 13, 2011 @ 19:01:16

      😆 😆 😆
      tak terkecuali saya yang emang dari sononya udah gundul

%d blogger menyukai ini: